Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2023/2024 Sudah Di Buka
Praktik Membuat Pupuk Organik Cair
23 November 2021 Adiwiyata Mimin
Praktik Membuat Pupuk Organik Cair

Pada hari Jum’at (22/11/2021), para siswa mempraktikkan cara membuat pupuk organik cair bertempat di area parkir sekolah. Dalam pembuatan pupuk organik cair, siswa dibimbing oleh guru dan Ketua Forum Sekolah Adiwiyata Kota Samarinda Bapak Heri Gunawan

Ketika pembuatan pupuk organik cair, Bapak Heri mengatakan bahwa pembuatan pupuk cair cukup sederhana dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Selain itu, banyak masyarakat yang masih bingung bagaimana cara membuat pupuk organik cair. Melalui kegiatan ini, siswa dapat menambah pengetahuan dalam membuat pupuk cair yang dapat dipraktikkan dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Pupuk organik cair mempunyai beberapa manfaat di antaranya dapat mendorong dan meningkatkan pembentukan klorofil daun dan pembentukan bintil akar pada tanaman leguminosae, sehingga meningkatkan kemampuan fotosintesis tanaman dan penyerapan nitrogen dari udara, dapat meningkatkan vigor tanaman, sehingga tanaman menjadi kokoh dan kuat, meningkatkan daya tahan tanaman terhadap kekeringan, cekaman cuaca, dan serangan patogen penyebab penyakit, merangsang pertumbuhan cabang produksi, serta meningkatkan pembentukan bunga dan bakal buah, serta mengurangi gugurnya daun, bunga, dan bakal buah.

Para siswa sangat bersemangat dan antusias dalam pembuatan pupuk cair. Para siswa membawa limbah rumahtangga dari rumah masing masing. Adapun tahapan dalam pembuatan pupuk cair yaitu (1) melarutkan EM4 ke dalam air secukupnya kemudian tambahkan larutan gula merah, (2) campurkan air kelapa dalam larutan EM4 dan gula merah, (3) tambahkan air secukupnya, (4) aduk perlahan larutan (5) masukkan larutan ke ember (6) tutup rapat selama beberapa hari dan lakukan pengontrolan teratur sampai larutan tersebut mengeluarkan bau fermentasi. Bau fermentasi menandakan bahwa pupuk cair telah jadi.   

Itulah manfaat-manfaat dari pupuk organik cair dan proses pembuatanya. Mudah-mudahan dengan pemanfaatan pupuk organik cair dapat meningkatkan kualitas tanaman, menghemat biaya sekaligus ramah bagi lingkungan

ARTIKEL LAINNYA
Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahun 2022
20 Mei 2022 Jam 08:55
RAIH PENGHARGAAN SEKOLAH ADIWIYATA TINGKAT PROPINSI
07 Juni 2022 Jam 07:54
Serunya Kunjungan Wisata Edukasi ke Museum Mulawarman
22 Februari 2023 Jam 09:51
Pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas 2022 Telah di Buka
23 Maret 2022 Jam 12:27
MABIT ( Malam Bina Iman dan Taqwa)
09 April 2022 Jam 10:19
PLN Mengajar – Edukasi Generasi Muda untuk Peduli K2 dan Hemat Energi
27 Oktober 2022 Jam 08:20